Perayaan HUT ke-15 Yayasan Sekar Mawar: Semangat Berubah Menjadi Manusia Baru

11.bersamaYayasan Sekar Mawar – Keuskupan Bandung (YSM) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-15 dengan Misa Syukur yang diselenggarakan pada tanggal 12 April 2015 bertempat di Panti Rehabilitasi NAPZA Jl. TangkubanPerahu 108 Lembang Bandung. Misa dipersembahkan oleh Uskup Bandung Mgr. Antonius Subianto dan dihadiri oleh jajaran Pengawas, Pengurus, Pelaksana, serta tamu undangan lainnya.

Perayaan ini sekaligus untuk memperingati Hari Raya Paskah yang jatuh pada hari Minggu sebelumnya.  Mgr. Anton dalam homilinya memberikan ilustrasi mengenai seseorang  yang telah mengalami perubahan menjadi manusia yang lebih baik, akan tetapi dalam perjalananan hidup selanjutnya orang tersebut jatuh lagi pada kehidupan lamanya. Beliau mengatakan bahwa masuk dalam suatu pertobatan itu memang sulit, namun memelihara pertobatan itu jauh lebih sulit. Kebangkitan dan penampakan Yesus kepada para murid-Nya telah membuat mereka mengalami perubahan dari cara hidup yang lama memasuki cara hidup yang baru, meskipun Thomas pada awalnya tidak percaya namun akhirnya ia pun juga mengalami pencerahan dalam hidupnya.

Setelah misa, acara diisi dengan Sambutan oleh Direktur Pelaksana, Ketua Pengurus Yayasan, dan pesan dari Pembina. Direktur Pelaksana YSM dalam sambutannya mengingatkan sejarah awal berdirinya YSM pada tahun 2000 yang dilator belakangi oleh suatu keprihatinan pada para korban Narkotika. Para pendiri Yayasan bersama-sama dengan Uskup Bandung pada waktu itu Mgr. Alexander memberikan nama Yayasan Sekar Mawar.

Tahun 2015 Pemerintah (BNN) mencanangkan tema Selamatkan Indonesia dari Darurat Narkoba melalui Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba. ”Gerakan Rehabilitasi ini merupakan langkah yang baik mengingat laju pertumbuhan penyalahgunaan narkoba  yang  meningkat dari tahun ketahun. Hal ini menunjukkan bahwa peran Panti Rehabilitasi di masa depan masih sangat dibutuhkan bahkan perlu diperluas daya jangkaunya. Pemulihan dari kecanduan berarti bukan hanya sekedar berhenti dari NAPZA/Narkoba, pemulihan juga berarti suatu kebangkitan dari cara hidup yang lama memasuki cara hidup baru, hidup yang benar, bebas dari NAPZA, dan menjadi manusia yang produktif dan berguna bagi sesamanya.

Sambutan dari Direktur Pelaksana juga dilengkapi dengan sharing dari lima orang wakil team Pelaksana, yaitu: Bambang Darmawan, Elisabeth, R. Sudargo, Yeremias, dan Ferry, FX. Mereka memberikan kesan dan harapan selama bertugas dalam pelayanan di Panti Rehabilitasi maupun Sekretariat YSM. Pada kesempatan itu wakil dari Koor St. Lucia juga menyerahkan hasil konser amal yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2015. Konser ini diselenggarakan untuk membantu pencarian dana bagi pengembangan Panti Rehabilitasi. Acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng oleh Mgr. Antonius Subianto dan diberikan kepada Ir. Danau Limborro selaku ketua Pengurus Yayasan disaksikan oleh dr. Adjitijo Amidjojoselaku Pengawas dan Ir. Anastasia Cakunani selaku Direktur Pelaksana.

Kedepannya YSM akan terus melanjutkan karya-karya pelayanannya guna membantu memulihkan para korban penyalahgunaan NAPZA serta berkontribusi dalam bidang pencegahan melalui sosialisasi kepada masyarakat.

 Oleh: Anastasia Cakunani (YayasanSekarMawar – Keuskupan Bandung)


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*