Malam Paskah (Alleluia)

IMG_7629(Liputan) – Kemeriahan malam Paskah memang sudah tidak diragukan lagi. Setelah Jumat Agung yang suram, gegap gempita di Sabtu malam setelahnya terasa sungguh membahagiakan. Kematian Yesus membawa ketakutan dan kegelapan tapi kebangkitannya membawa terang dan harapan yang melimpah di hati setiap orang yang mengasihiNya.

Begitu pula rasa yang terjadi pada hari Sabtu, 4 April 2015 yang lalu di misa paling malam di Gereja Laurentius tersebut pun seolah-olah tidak terganggu oleh gelapnya malam dan lelahnya badan. Kegembiraan sangat terasa di Misa Malam Paskah tersebut. Semangat para paduan suara yang berasal dari kelompok gabungan, semangat para petugas liturgi maupun tatib dan kolektan terasa menggebu-gebu tidak ketinggalan juga semangat dari Pastur Maman yang memimpin Misa pukul 21.00 WIB tersebut.

Pastur Mansyur malam itu membawakan Homili yang menjelaskan bahwa keragu-raguan pun dapat dipandang dari sisi positif karena orang yang ragu-ragu terhadap Allah tapi terus mencariNya, setelah menemukanNya akan mendapat iman yang teguh dan penuh dibandingkan orang yang sama sekali acuh. Sama seperti murid-murid Yesus. Mereka pun awalnya ragu akan kebangkitan Yesus. Harapan telah direnggut, hati mereka gelap. Namun setelah Yesus menampakkan diri, terang pun datang menghalau kegelapan hati mereka, harapan mereka pun bangkit bahkan meluap, iman mereka pun teguh. Lalu apa hasil dari iman para rasul tersebut??? Kita lah hasilnya… Yesus memang telah mati kurang lebih 2000 tahun yang lalu tapi nama Yesus dan kebangkitanNya tetap bergaung sampai sekarang!

Alleluia. Haec dies quam fecit Dominus. Exultemus et laetemur in ea.

Selamat Paskah. (Iranita/Summa)


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*