Jumat Agung

IMG_7151(Liputan) – Setelah diadakan jalan salib pada pukul 08.00 pagi, rangkaian di lanjutkan dengan ibadah jumat agung. Ibadah jumat agung pertama dimulai dengan ibadah jumat agung anak-anak pada pukul 12.00 yang dipimpin oleh Pastur Mansur. Terlihat banyak anak-anak yang hadir untuk mengikuti ibadah tersebut, tawa canda mereka terdengar riuh sesaat sebelum ibadah dimulai, namun keheningan pun terasa ketika ibadah jumat agung yang jatuh pada tanggal 3 april 2015 tersebut akan dimulai. Karena ibadah ini diperuntukan bagi anak-anak, ada beberapa ceremony yang memang sengaja dikemas sedemikian rupa untuk menarik anak-anak, seperti kisah sengsara Yesus yang disajikan dalam bentuk drama dan diperankan oleh anak-anak BILL, serta lagu-lagu yang dinyanyikan oleh paduan suara anak dari lingkungan 20B.

Setelah ibadah jumat agung anak-anak selesai, dilanjutkan dengan ibadah Jumat Agung untuk umum pada pukul 15.00. Meskipun hujan turun namun terlihat sekali euforia umat yang hadir untuk mengikuti ibadah pada jam tersebut, mungkin karena seringkali dianggap bertepatan dengan detik-detik wafatnya Yesus Kristus di kayu salib. Ibadah ini dimulai dengan perarakan yang dilakukan dari pintu masuk sampai dengan prosesi perbahan diri yang dilakukan oleh Pastur Sangker di depan altar. Selama misa berjalan, suasana hikmat dan hening sangatlah terasa, terutama pada saat prosesi perarakan kayu salib yang dilakukan oleh Pastur Sangker dan penghormatan kayu salib oleh umat.

Selanjutnya ibadah Jumat Agung pada hari itu dilaksanakan pada pukul 18.00 yang dipimpin oleh Pastur Bogaartz dan pukul 21.00 yang dipimpin oleh Pastur Thomas Maman suharman. Demikianlah terlaksanya rangkaian Ibadah Jumat Agung dalam rangka memperingati wafatnya Sang Penebus kita Yesus Kristus di kayu salib.

“semoga wafat kristus menjadi perenungan kita untuk menjalani hidup sesuai dengan pengorbanan yang diberikan kristus bagi kita…” (Lia Nara/Summa)


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*