Bandung Lautan Api Dan Ridwan Kamil

Biografi Ridwan Kamil - Walikota BandungPeristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandungmembakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Dan beberapa waktu lalu, kami ( tim Summa) berkesempatan mewawancarai salah satu ikon kota Bandung yaitu Bapak Walikota Ridwan Kamil. Apa arti hari bersejarah ini buat beliau, apa rencana beliau dalam membangun kota Bandung dan apa pesan beliau untuk warga bandung, khususnya umat kristiani? Simak hasil wawancara tim summa bersama Ridwan Kamil berikut ;

  1. Menyambut hari peringatan bandung lautan api tanggal 24 maret ,adakah persiapan kota Bandung untuk membuat acara peringatan?
  • Ada. kerjasama dengan para camat, lurah kewilahan. Akan ada peringatan yang sifatnya renungan, pawai obor, dan juga ada yang bentuknya seminar kecil.
  1. Terlepas dari jabatan bapak sebagai walikota Bandung, apa sih makna dari peringatan Bandung lautan api untuk bapak?
  • Makna dari peristiwa bandung lautan api adalah bagaimana warga bandung begitu taat kepada pemimpinnya, mau mengorbankan harta bendanya. Hal yang mungkin tidak bisa dilakukan orang jaman sekarang. Tetapi orang tua kita jaman dahulu berani mengorbankan harta bendanya untuk dibakar mengikuti anjuran pemerintah pada saat itu. Sehingga peringatan ini menjadi hikmah, bahwa suatu Negara akan maju jika warganya taat pada pemimpinnya.
  1. Sebagai orang bandung asli, dan sekarang memimpin kota kelahiran bapak, semangat seperti apa yang ingin ditularkan kepada masyarakat kota Bandung lewat peringatan Bandung lautan api?
  • Semangat yang ingin ditularkan adalah ;

Semangat taat pada program pemerintah, taat pada arahan pemimpin yang sudah dipilih secara demokratis, jika itu dilakukan mudah-mudahan kota Bandung akan jauh lebih baik dengan dukungan dan partisipasi masyarakatnya

  1. Sebagai walikota Bandung, bagaimana cara bapak menghargai jasa-jasa pahlawan terdahulu?
  • Tentunya dengan meneladani sikap dan nilai-nilai  kepemimpinan, yaitu selalu mendahulukan kepentingan publik melebihi kepentingan pribadi. Dan tentunya juga menghormati dengan bentuk ceremony/peringatan , agar tidak melupakan peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Kota Bandung ini.
  1. Bukan hanya bersejarah, kota Bandung saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang luar kota, berdampak positif tentunya tapi juga mengakibatkan kemacetan yang semakin parah. Apa solusi Bapak untuk kemacetan kota Bandung ?
  • Solusi kemacetan ini multidimensi, yang bisa dilakukan jangka pendek adalah mentertibkan hal-hal yang melanggar aturan seperti parkir sembarangan, PKL, dan lain sebagainya. Untuk jangka panjang, walaupun mahal tapi tetap kita kejar yaitu persiapan untuk monorail, cable car,  sehingga mimpi Bandung bebas macet dengan upgrade infrastruktur dan hal-hal lain bisa dilakukan.
  1. Apa suka dan duka bapak selama memimpin kota Bandung?
  • Sukanya adalah melihat perubahan didepan mata, tentunya kearah yang lebih baik. Dukanya adalah banyak warga bandung yang masih terbiasa melanggar aturan sehingga membuat perubahan terasa begitu lambat tidak seperti yang diharapkan.
  1. Apa prioritas Bapak dalam membangun kota Bandung?
  • Sesuai misi nya, prioritasnya adalah membuat Bandung kembali nyaman. Sebagai kota tempat pejalan kaki, taman dan sebagainya. Membuat Bandung unggul dengan program-program kecerdasan, pendidikan, pelayanan publik, dan sejahtera dengan program kerakyatan ekonomi kreatif. Sehingga Bandung makin nyaman, Bandung juga unggul karena sumber daya manusia nya dan Bandung makin sejahtera.
  1. Menurut bapak bagaimana toleransi antar umat beragama di kota Bandung sekarang ini?
  • Saya kira sangat baik. Kita ada forum komunikasi antar umat beragama yang menjaga keragaman dan konduksivitas umat beragama di kota Bandung. Dan saya turun langsung dan rutin dalam menjaga konduksivitas toleransi tersebut.
  1. Apa sih hal yang paling bapak ingat / rindukan dari kota Bandung?
  • Yang dirindukan dari kota ini banyak sekali, tentunya adalah bertemu dengan orang-orang yang kita cintai yang berasal dari kota Bandung. Karena rumah adalah tempat hati kita dilabuhkan dan cinta kita di tautkan.
  1. Terakhir nih pak, hal apa yang ingin bapak sampaikan pada warga Bandung untuk peringatan“ BandungLautanApi” , kali ini khususnya bagi umat kristiani di kota Bandung?
  • Yang ingin saya sampaikan , mari kita teladani pengorbanan para orang tua kita terdahulu dengan memberi pengorbanan terbaik jika diminta untuk Negara. Oleh karena itu, taatlah dan ikutilah aturan dan anjuran dari pemimpin. Dan khususnya untuk umat kristiani di kota Bandung tolong doakan agar Bandung juara sebagai center of excellent ini sedang kita upayakan bisa hadir lebih cepat dengan dukungan dan doa dari seluruh warga.

Terimakasih, semoga Tuhan memberkati anda semua.

Itulah petikan wawancara tim summa bersama Walikota Bandung Ridwan Kamil. Semoga apa yang diharapkan oleh beliau dan juga masyarakat kota Bandung untuk menjadikan bandung lebih baik dan lebih nyaman segera terwujud. Selamat hari Bandung Lautan Api.

Keep Bandung Beautiful, euy ! ( TM )

 

 

 


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*