Renungan Minggu Adven IV Tahun B – Lukas 1:26-38

gab(SJB edisi 51/20-21 Desember 2014) Kesadaran akan anugerah Allah yang besar mengharuskan dan memampukan
kita untuk menaati Allah dan kehendak-Nya.

“Sesungguhnya Aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” (1:38). Betapa indahnya kalimat ini! Akan tetapi, apakah Maria menyadari risiko ucapannya itu? Apakah ia tahu bahwa ucapan itu berarti bahwa ia siap dianggap berkhianat oleh Yusuf, bahkan siap dicap sebagai pezinah dan dirajam dengan batu? Apakah ia tidak takut kalau Yusuf menceraikannya? Tentu saja Maria tahu! Bila ia tahu, mengapa ia berani mengambil risiko sebesar itu?

Pertama, dia sadar bahwa ia mendapat kasih karunia dari Allah. Malaikat menyebut dia sebagai “yang dikaruniai” (1:28) karena ia menerima apa yang tidak pantas diterimanya. Ia akan mengandung Anak Allah yang Maha tinggi, Mesias dari keturunan Daud yang sudah lama dijanjikan itu (1:31-33). Ia sadar bahwa anugerahlah yang membuat Allah memilihnya.

Kedua, dia sadar bahwa kasih karunia Allah akan memampukan dia untuk hidup dalam ketaatan. Memang, ada banyak risiko yang akan dia hadapi, tetapi malaikat mengingatkan bahwa Roh Kudus akan menaungi dan melindungi serta memampukan dia (1:35). Dua alasan inilah yang kiranya mendorong dan memampukan Maria untuk menunjukkan ketaatan yang spektakuler.

Jika hari ini Allah hendak memakai seluruh hidup kita untuk melayani Dia, bukankah itu anugerah bagi kita, mengingat bahwa kita bagaikan sampah yang tidak berarti? Maukah Anda dipakai oleh-Nya sekalipun Anda harus melepaskan impian dan cita-cita Anda? Jika kita ragu-ragu apakah kita mampu melayani Dia, bukankah Allah akan menopang kita? Marilah kita melayani Dia dengan kekuatan yang akan Dia berikan. Amin

oleh: Pst. Maman Suparman, OSC


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*