“Panggilan untuk Kebersamaan?”

statik.tempo.co(SJB Edisi 41/11-12 Oktober 2014) Minggu Biasa XXVIII A Yes 25:6-10a; Flp 4:12-14.19-20; Mat 22:1-14

Cobalah lihat fenomena berkumpul yang terjadi saat-saat ini. Banyak orang berkumpul di mana-mana dan kemana-mana. Orang haus berkumpul dan berada bersama yang lain. Namun kebersamaan macam apa yang menjadi keinginan?

Fenomena tandingannya adalah orang berkumpul tidak di lingkungannya. Pertemuan lingkungan menjadi saat mendebarkan. Undangan telah dikirimkan jauh-jauh hari pun tak menolong untuk mendongkrak jumlah kehadiran. Acara menarik pun disiapkan tak jua menghasilkan.

Ada banyak cara orang menolak undangan dalam lingkungan. Ada yang sudah ada acara pada tanggal tersebut; ada yang menjawab segera akan dating namun pada harinya tidak datang; mungkin juga ada yang adem ayem saja melihat undangan, sms, atau telpon undangan. Ada apa dengan semua ini?

Yesus menceritakan perumpamaan ini bisa jadi ada sesuatu yang tengah terjadi. Ada rasa persaudaraan yang lebih intim itu mulai memudar. Panggilan untuk kebersamaan yang lebih intim itu bukan hanya bersama dalam satu ruang dan makan-makan. Ada sharing, cerita, keluh kesah yang mendalam kala kebersamaan menjadi bagian dalam kebersamaan itu.

Injil hari ini mengajak kita yang bisa saja “rajin” berkumpul dalam kedangkalan untuk mencicipi kedalaman dan persaudaraan dalam perjamuan. Perjamuan mengandaikan orang duduk dan bersama. Ada waktu intens untuk berada bersama yang lain dan bukan sekedar memuaskan kenikmatan semata.

Mari menanggapi undangan Tuhan untuk kebersamaan bersama orang se lingkungan kita. Hangatkan suasana yang beku, senyuman yang tulus menyambutmu….Semoga ada kehangatan dalam kebersamaan kita…

Oleh: Pst. Yulius Hirnawan, OSC

 

 


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*