Tak Kenal Usia

Captive-Male-Lion-L

HIDUPKATOLIK.com – Pekan Prapaskah V; Dan 13:1-9.15- 17 Mzm 23; Yoh 8:1-11

Hari ini kita mendengarkan dua bacaan yang mempunyai tema agak mirip, yaitu berkaitan dengan pelanggaran seksual. Bacaan pertama diambil Dan 13 dengan beberapa ayat ditinggalkan, yang menceritakan kisah tentang perempuan Yahudi yang amat cantik, yaitu Susana, istri Yoyakim yang tinggal di Babel. Alkisah dua tua-tua Israel, secara terpisah, jatuh berahi kepada Susana dan dengan curang berusaha mendapatkannya. Ketika rencana busuk itu gagal, mereka berusaha mencelakakan Susana. Untunglah seorang pemuda, yaitu Daniel (ay. 45) yang secara cerdas menyelamatkan Susana dengan cara yang mirip dengan yang dibuat Salomo saat berhadapan dengan dua perempuan yang berebut anak (1Raj 3:16-28).

Kisah kedua tentang perempuan yang kedapatan berzinah dan dibawa kepada Yesus untuk diadili. Yesus juga dengan cerdas memberi tanggapan, “Siapa saja di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” Kemudian dikatakan bahwa orang yang berkumpul itu lalu pergi “seorang demi seorang”. Yang menarik adalah catatan yang mengatakan, “mulai dari yang tertua”. Mengapa yang tertua? Orang mengatakan, mungkin yang tertua adalah yang paling banyak dosa. Kalau demikian, ini menyambung bacaan pertama; ternyata yang (paling) bermasalah adalah para tetua.

Lalu? Godaan dosa ternyata tidak mengenal usia. Ia “berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya” (bdk. 1Ptr 5,8)

RD V. Indra Sanjaya


Copyright Paroki St. Laurentius - Keuskupan Bandung - 2012 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "parokilaurentiusbdg.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial.

Advertisement

Ads Here

No comments.

Leave a Reply

*